Thursday 21 January 2016

Pelajaran Bisnis dari trend batu akik




Pelajaran Bisnis dari trend batu akik 



                  
              Tahun 2014-2015 tahun batu diindonesia,sampai sempat ada yang bilang kita kembali ke zaman batu. Batu yang digosok-gosok dengan mesin gerinda kemudian ditambah emban menjadi barang tersier (mewah ) nggak hanya ratusan ribu bahkan jutaan hingga milyaran rupiah harganya


Hal itu mungkin yang membuat masyarakat banyak  beralih profesi,dari yang sebelumnya tukang cukur rambut,tukang ojek,pengusaha kayu dan lain-lain . hingga tiap saat kita biasa menemui pengrajin patu akik di pasar –pasar , diujung –ujung gang , bahkan di sebuah kios yang dulunya dikios sembako juga disulap menjadi Kios BATU AKIK 


Fenomena itu yang membuat saya ilfil  (risih) padahal sebelum booming saya sendiri penggemar batu akik , akik yang saya pake selama 3 tahun sejak lulus SMA saya lepas karena ilfiil lihat booming batu akik . 


Akhir 2015 angan angan saya mulai terbukti ,batu akik yang hargany milyaran dan jutaan jadi ratusan ribu, yang hargany ratusan ribu apalagi . kios-kios batu mulai ogah-ogahan . 


Kemudian,
Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari trend batu akik, ???


Poin penting yang bisa masukan ke catatan bisnis kita , bahwa membangun bisnis bukan hanya didasarkan trend yang  mengabaikan kesuksesan jangka panjang. 


Seorang enterpreneur tulen membangun bisnisnya tidak hanya pada trend , orientasi bisnis jangka panjang selalu mengutamakan VISI & MISI , standard operasi yang bagus agar pergerakan bisnis bisa fokus .

No comments:

Post a Comment